BATU BARA SISA PEMBAKARAN DI MANFAATKAN BHABINKAMTIBMAS POLDA KALTIM

 

 

 

UNusantara KALTIM, – Aiptu Ardian Wempi Antariksa, anggota Polda Kaltim bertugas sebagai Bhabinkamtibmas Polsek Balikpapan Utara berhasil memanfaatkan dari batu bara sisa pembakaran menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU).

Limbah sisa pembakaran batubara terdiri dari Fly Ash dan Bottom Ash (FABA) diubah menjadi produk bahan bangunan yang memiliki nilai ekonomi tinggi.

Fly ash adalah abu yang berterbangan di atas tungku pembakaran batubara, sementara bottom ash merupakan hasil pembakaran batubara yang mengendap di tungku pembakaran batubara.

Aiptu Ardian Bersama unsur Masyarakat yang disebut Forum Kemitraan Polri dan Masyarakat (FKPM) Jalan Blambangan RT 63 Kelurahan Graha Indah, Balikpapan Utara berhasil mengubah sisa limbah menjadi bahan bangunan seperti batako, paving blok, cor beton, hingga pot bunga.

” Masyarakat yang memiliki waktu luang silahkan mencetak hasilnya kami yang beli, jadi tidak usah khawatir tidak laku. Semua kami fasilitasi, mulai dari bahan, cetakan dan penjualan kami yang menampung di bawah kendali FKPM, ” Ujarnya.

Kapolda Kaltim Irjen Pol Drs. Imam Sugianto, M.Si ditempat terpisah sangat mengapresiasi pengembangan potensi Masyarakat yang luar biasa dalam arti Bhabinkamtibmas bersinergi dengan masyarakat mengembangkan limbah yang limbah ini bisa ada nilai ekonomi jadi beliau meminta untuk melanjutkan program ini agar masyarakat sejahtera.

” Dari hasil limbah itu dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk meningkatkan perekonomian, oleh karena itu saya menaruh perhatian besar atas program,m tersebut, ” Ungkapnya.

Rencananya pada 12 Desember mendatang Kapolda Kaltim akan melaunching workshop pemanfaatan FABA

BACA JUGA :  SAT RESKRIM RINGKUS PEMBOBOL TOKO PONSEL DAN GEDUNG SERBAGUNA KAMPUNG 
error: Content is protected !!