BAWASLU TALAUD GELAR APEL PATROLI PENGAWASAN KAWAL HAK PILIH 

 

UNusantara TALAUD, – Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Talaud akan melakukan Patroli Pengawasan Kawal Hak Pilih dalam pelaksanaan pengawasan tahapan pemutakiran data pemilih untuk Pemilu 2024.

Ketua Bawaslu Jekman Wauda, SS didampingi Anggota Bawaslu Raemond Manangkabo,S.Pd mengatakan pelaksanaan giat yang merupakan program Nasional ini diawali dengan Apel Patroli Pengawasan Kawal Hak Pilih akan dilaksanakan di halaman Kantor Bawaslu Talaud, Senin (27/2).

Peserta apel meliputi seluruh jajaran Bawaslu Kabupaten, Panwaslu kecamatan bersama sekretariat, dan Panwaslu Kelurahan/Desa.

Patroli Pengawasan Kawal Hak Pilih akan dilaksanakan selama tahapan pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih sebanyak dua kali dalam sepekan sampai 14 Maret 2023.

” Patroli dilakukan untuk memastikan adanya tindak lanjut terhadap saran perbaikan atau ketidaksesuaian kinerja KPU sampai petugas pemutakhiran data pemilih (pantarlih). Patroli ini juga termasuk untuk sosialisasi kepada masyarakat mengenai kesadaran untuk aktif memeriksa  akan status hak pilihnya sejak pencocokan dan penelitian (coklit)  hingga pemungutan suara, ” Ujar Wauda

Lebih lanjut Wauda menjelaskan Patroli akan mendatangi kelompok Masyarakat rentan seperti penyandang disabilitas dan Masyarakat urban.

Sampai saat ini  menurutnya pelaksanaan coklit telah berjalan, termasuk pengawasan untuk melihat proses yang dilaksanakan pantarlih sesuai prosedur dan mekanisme.

” Koordinasi juga akan dilaksanakan secara berjenjang antara pengawas pemilu dengan jajaran KPU sampai tingkat pantarlih. ” Pungkas Wauda.

BACA JUGA :  KUNJUNGAN KERJA PIMPINAN BAWASLU RI DI KABUPATEN TALAUD 
error: Content is protected !!