CAPAIN IPM KOTA BUKITTINGGI TAHUN 2022 LAMPAUI TARGET YANG DI TETAPKAN DALAM RPJMD

 

 

UNusantara BUKITTINGGI, – Hasilnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Bukittinggi mengalami peningkatan cukup signifikan pada tahun 2022.

Sesuai data BPS, IPM Kota Bukittinggi mengalami peningkatan dari 80,58 tahun 2020, menjadi 80,70 pada tahun 2021 atau meningkat sebesar 0,12 dan meningkat cukup signifikan tahun 2022 menjadi 81,42 atau mengalami peningkatan sebesar 0,72.

Terlampauinya target tersebut tentunya berkat kebijakan program pembangunan berbasis Masyarakat yang dibuat oleh Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar.

Target capaian IPM Tahun 2022 yang ditetapkan pada RPJMD Kota Bukittinggi hanya sebesar 81,14. Capaian ini juga berada di atas capaian provinsi bahkan Nasional dan berada di urutan tertinggi kedua di Provinsi Sumatera Barat setelah Kota Padang.

IPM merupakan indikator untuk menghitung keberhasilan dalam upaya membangun kualitas  hidup manusia.

Ada 3 dimensi dasar dalam penentuan IPM, yaitu umur panjang dan hidup sehat (usia harapan hidup), serta pengetahuan (harapan lama sekolah dan rata rata, lama sekolah) dan standar hidup layak (pengeluaran per kapita). Ketiga dimensi IPM Kota Bukittinggi tercatat meningkat dengan baik, bahkan capaian usia harapan hidup Kota Bukittinggi merupakan yang tertinggi di Sumatra Barat.

BACA JUGA :  WALI KOTA TERIMA PENGHARGAAN DARI PERKUMPULAN PENYANDANG DISABILITAS INDONESIA 
error: Content is protected !!