HARI INI TIM PERTAMA BANTUAN KEMANUSIAAN DARI PEMERINTAH RI UNTUK TURKI DAN SURIAH DIBERANGKATKAN

 

 

UNusantara JAKARTA, – Menindak lanjuti instruksi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Kepala BNPB Surhayanto mengirim bantuan tahap pertama yaitu Middle Urban Search and Rescue Team (MUSAR) 47 personel beserta peralatan lengkap didampingi 15 tim pendamping dari BNPB, ditambah personel dari Kementerian Luar Negeri di berangkatkan ke Turki dan Suriah.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari menjelaskan bahwa Total tim yang diberangkatkan berjumlah 62 orang dan bantuan logistik sebanyak 5 ton dari Kementerian Pertahanan.

 

 

” Pemberangkatan Tim MUSAR menjadi prioritas mengingat pentingnya pencarian dan penyelamatan korban yang tertimbun reruntuhan bangunan selama masa kritis. Tim akan diberangkatkan dengan menggunakan pesawat Hercules C 130 dan Boeing 737, ” Jelasnya.

Menurutnya bantuan tahap kedua yang terdiri dari Emergency Medical Team (EMT) sebanyak 105 personel lengkap dengan obat-obatan, peralatan rumah sakit lapangan untuk melakukan operasi darurat di lapangan. Tim akan diberangkatkan Senin, 13 Februari 2023 menggunakan pesawat Garuda Indonesia.

 

 

” Kemudian akan dikirimkan bantuan tahap tiga berupa logistik, peralatan dan bantuan lainnya, ” Tambah Muhari.

” Sebagai informasi USAR memiliki kemampuan untuk melakukan operasi pencarian, pertolongan dan penyelamatan korban terperangkap runtuhan bangunan berkualifikasi internasional, dan pemberian perbantuan medis serta didukung dengan anjing dengan tipe SAR Dog dan K-9. ” Ungkap Muhari.

BACA JUGA :  MARINIR IKUTI PEMAKAMAN DUA PRAJURIT KOPASSUS YANG GUGUR DI PAPUA
error: Content is protected !!