MUSREMBANG KELURAHAN KAYU KUBU BERHASIL MENJARING ISU STRATEGIS DAN INOVATIF

 

UNusantara BUKITINGGI, –  Kegiatan perencanaan pembangunan Daerah Kota Bukittinggi sudah dimulai dari tingkat Kelurahan mulai hari ini. Khususnya Musrenbang Kelurahan Kayu dibuka oleh Camat Guguk Panjang Yelrizon.,S.Sos, Rabu (1/2).

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Sekretaris Komisi 1 DPRD Kota Bukittinggi Zulhamdi Nova Chandra IB, Bappelitbang, Damkar dan Penyelamatan, Dinas Pertanian, Diskominfo, Disperindag Ketua LPM Kayu Kubu Eril Anwar masuk kedalam Tim 2 usulkan 16 Bantuan Sarana Prasarana Skala Prioritas dan Non Fisik.

” Acara Musrembang ini di arahkan untuk pemberdayaan masyarakat dan peningkatan UMKM dan ditindak lanjuti hanya 6 disetujui menjadi prioritas, ” Ucap Yelrizon.

Usulan infrastruktur fisik dan non fisik ada 6 (enam) yang masuk diusulkan ke Tingkat Kecamatan adalah perbaikan drainase pada kawasan pemukiman dan sempadan Ngarai, penguatan dinding tebing, Wisata Edukasi dan Camping Group, Posyandu Prima serta alat pertanian.

Kelurahan Kayu Kubu merupakan Destinasi Desa Wisata dan juga ada sektor pertanian pada kawasan Ngarai Sianok juga ada usulan masalah ketersediaan peralatan pertanian, bebrapa kawasan pemukiman masyarakat memiliki potensi rawan kebakaran sehingga dibutuhkan ususlan pengadaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) pada masing-masing RT, Pengadaan CCTV, Subsidi pupuk diberikan kecil hingga Penanganan sampah.

Dalam hal pengelolaan sampah yang cukup menjadi perhatian Pemerintah Kota juga mendapat perhatian Pokir DPRD Zulhamdi Nova Chandra IB yang mana juga diserahkan 50 Unit Solar Bio Digester / Pengolahan sampah organik makanan .

Sekretaris Komisi 1 DPRD Kota Bukittinggi Zulhamdi Nova Chandra IB sampaikan jelang berakhirnya TPA di Payakumbuh harus ada solusi yang tepat terkait penanganan sampah dibutuhkan langkah-langkah cermat dan inovatif yang dapat menyelesaikan masalah sampah kedepannya.

BACA JUGA :  TOKOH ADAT DENGAN PEMKO BUKITTINGGI KOLABURASI TANAMKAN ADAT BUDAYA KEPADA GENERASI MUDA
error: Content is protected !!