PASCA GEMPA M7.8 GUNCANG TURKI DAN SURIAH, PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA KIRIMKAN BANTUAN  

UNusantara JAKARTA, – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo memerintahkan agar segera disiapkan dan dikirimkan bantuan kemanusiaan dari Pemerintah RI kepada Turki dan Suriah.

Hal tersebut disampaikan Kepala BNPB Surhayanto melalaui Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Abdul Muhari.

” Tahap pertama, Tim Medium Urban SAR (MUSAR) yang berkekuatan 47 personil lengkap dengan alat dan perangkat yang dibawa secara komplit dari Indonesia akan diberangkatkan, Sabtu (11/2). Tim ini akan didampingi oleh tim manajemen dari BNPB beranggotakan 12 orang. Saat ini sedang dipastikan flight clearence untuk pesawat yang akan membawa personil dan alat perangkat yang akan ditransportasikan menggunakan pesawat Hercules dari TNI, ” Ujar Muhari.

Lebih lanjut Muhari menyampaikan tahap kedua Tim Emergency Medical Technician (EMT) berkekuatan 90 personil berasal dari Kementerian Kesehatan, TNI-POLRI dan organisasi masyarakat akan diberangkatkan segera setelah tim MUSAR diberangkatkan. Tim EMT ini juga akan membawa alat perangkat dan obat-obatan beserta rumah sakit lapangan yang dilengkapi dengan fasilitas lengkap untuk melakukan operasi darurat di lapangan bersama tim EMT. Tim ini akan berada di Turki hingga maksimal selama 30 hari penugasan.

” Berikutnya, akan dikirimkan bantuan uang tunai dan logistik baik itu permakanan maupun logistik peralatan dengan estimasi awal 1 juta USD masing-masing untuk Turki dan Suriah. Selain itu tahap awal logistik permakanan dan peralatan akan dikirim masing-masing 70 ton yang akan dibawa dengan masing-masing 2 pesawat dari Indonesia. ” Ungkapnya.

Selain itu Muhari menjelaskan Pemerintah sudah menerima list kebutuhan mendesak secara umum dari kedua Negara seperti matras, selimut, baju dan sepatu winter, paket kebersihan, obat-obatan, pampers, lampu solar, tenda keluarga dan genset.

BACA JUGA :  Serah Terima Alutsista Produksi PT Dirgantara Indonesia kepada TNI

” Hingga hari ini, kami terus berkoordinasi secara intensif dengan Duta besar Indonesia untuk menjamin pengiriman bantuan tepat sasaran dan tim yang berangkat bisa melaksanakan tugas dengan baik. ” Jelasnya.

error: Content is protected !!